Senin, 30 Januari 2012

Never Eat Alone

Judul di atas merupakan sebuah judul buku yang saya baca di minggu kemarin (target minggu kemarin baca 2 buku, tapi karena kesibukan yang lainnya, saya hanya bisa menyelesaikan satu buku ini saja...>,<). Buku ini adalah salah satu jenis buku pengembangan diri yang ditulis oleh Keith Ferrazi & Tahl Raz, diterbitkan oleh Gagas Media pada tahun 2011 berisi 394 halaman. Tapi kalo di Amriknya sih terbit tahun 2005. Meskipun rentang waktu terbit di Indonesia & Amrik agak cukup lama sekitar 6 tahun, tapi lumayan ilmu nya ga terlalu ketinggalan lah, banyak ilmu yang bisa kita ambil, tapi sayangnya mungkin pada saat itu SNS (Social network Sites) seperti Facebook, dkk belum booming seperti di saat ini, jadi tidak termasuk dalam pembahasan.  Yang bikin saya tertarik untuk membeli buku ini adalah tulisan "#1 NEW YORK TIMES BESTSELLING AUTHOR" di cover depan bukunya dan ada salah satu komentar dari Ridwan Kamil - International Young design Entrepeneur of the Year 2006 - Beliau mengomentari buku tersebut sbb : " Sangat inspiratif. The power of generosity adalah mantra yang menjadikan dunia lebih baik, terkoneksi, dan manusiawi. Persis seperti nasihat ibu saya, 'Semakin banyak memberi semakin Banyak rezeki'".

Disini saya akan me-review apa yang saya baca di buku ini, saya disini tidak mengambil istilah resensi karena saya sendiri belum pernah meresensi buku sebelumnya (pernah mungkin beberapa kali waktu mendapat pelajaran bahasa Indonesia di masa sekolah dahulu, tapi teori tentang meresensi buku tampaknya tidak berbekas di kepala saya, mau googling lagi males ah, nanggung nulis dsini,heehe...)
Here's the review.......
Di buku ini diungkapkan bahwa kunci utama kesuksesan bukan hanya sekedar apa yang kita ketahui, tetapi juga siapa yang kita kenal. Oleh karena itu si penulis menyebutkan akan perlunya kekuatan network,  dengan memperluas network , maka banyak pintu kesuksesan akan terbuka untuk kita. Your Network is your Net worth.

Penulis membagi sistematika kerangka utama dari bukunya menjadi 4 bagian yang kemudian beliau bagi-bagi lagi secara detail menjadi beberapa bagian. Okay, di bagian review saya yang ini mungkin saya hanya akan mengungkapkan kerangka-kerangka tersebut a.k.a daftar isi dari buku tersebut (*hehee.....) karena jika langsung membahas semua (maksudnya berbagi isi dari buku ini...;p)  pasti posting-an kali ini bakalan panjaaaangg kayak kereta api.

Bagian satu : Pola Pikir
  • Menjadi Anggota Klub
  • Jangan pernah berhitung
  • Ketahuilah misi anda
  • Bangunlah jaringan sebelum anda membutuhkannya
  • Kehebatan sebuah keberanian
  • Jejaring yang menyebalkan
Bagian dua : Keterampilan yang patut dikuasai
  • Kerjakan tugas rumah anda
  • Kumpulkan nama
  • Hindari Cold call
  • Seni Memperlakukan Para 'Penjaga Pintu'
  • Never Eat Alone
  • Share Your Passions
  • Follow Up atau Gagal
  • Jadilah pemimpin forum
  • Koneksi dengan para penghubung
  • Perluas lingkaran jejaring anda
  • Seni berbasa-basi
Bagian Tiga : Mengubah koneksi menjadi pertemanan
  • Kesehatan, kekayaan dan anak-anak
  • Arbitrase Sosial
  • Jalin kontak setiap saat
  • Temukan tokoh utama dan jamulah mereka
Bagian Empat : Dapat yang Lebih dan Berikan kembali
  • Jadilah orang yang menarik
  • Ciptakan Brand sendiri
  • Siarkan Brand anda
  • Menulis dan Pengaruhnya bagi karier anda
  • Dekat dengan kekuasaan
  • Dirikan klub maka orang akan bergabung
  • Jangan pernah tunduk pada keangkuhan
  • Temukan mentor, anak mentor dan ulangi terus
  • Keseimbangan versi anda
  • Selamat datang di era Koneksi
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kerangkanya doang juga udah sepanjang itu kan yah.... ^,*,, apalagi isi nyaa...secara ada 394 halaman, hehe........Adapun maksud saya di posting kesini (halah,halah, bahasanya jadi berasa kayak bahasa skripsi, wkwkwkkkkk) adalah :

Pertama, saya ingin berbagi sesuatu yang menurut saya mungkin berguna untuk semua orang, salah satu isi di buku itu pun mengungkapkan agar kita harus bisa bermanfaat untuk orang-orang di sekeliling kita *ceileeeee...hehe... (yah semoga ada yang baca ya, jadi bisa bermanfaat, kalo ga ada pun kan minimalnya bermanfaat buat diri saya sendiri,he )

Kedua, dengan saya tuliskan disini, setidaknya membentuk kerangka berpikir di kepala saya sendiri tentang isi dari buku tersebut, saya baca buku setebal itu dalam waktu satu minggu, pastinya ga semua masuk ke kepala saya kan, dengan cara ini otomatis saya harus buka buku itu kembali, saya susun lagi kerangkanya di kepala saya baru saya tulis lagi disini. dengan begitu berarti saya kembali me-review isi buku tersebut, membaca kembali sekilas  dan menuangkannya, manfaatnya jadi banyak kan buat diri saya sendiri, dalam proses ini saya berarti mengevaluasi diri saya sendiri sampai sejauuh mana pemahaman saya, banyak pahamnya atau ngga nya (jangan-jangan malah banyak ngga nya lagi......*Oh No, jangan sampai ah, optimis aja kalo saya jenius ^_^ v) . Heheee, tapi ada pepatah yang bilang kalo baca buku tuh ga cukup satu kali, harus sampai 6x biar nempel di kepala.......*hwaaaa, lain kali deh dibaca lengkapnya lagi nya karena sekarang masih numpuk buku-buku yang nunggu giliran buat saya baca #SokKerenGiniYaSiSaya  *Jangan dilempar sepatu ya sodara-sodara, kalo mau mah lempar uang  miliaran aja, pasti saya tangkap dengan senang hati  XDXD,,

Ketiga, manfaat buat penerbit sama penulis, kan dengan saya bahas disini berarti saya membantu promosiin buku mereka kan, meskipun gratisan, hehe....gapapalah karena menurut saya ini salah satu buku bagus buat pengembangan diri, cara pembawaannya pun enak, jadi bacanya ga cepet bosen, isinya pun lebih kayak buku cerita kisah hidup si penulis dan banyak contoh-contoh aplikasi dari kisah hidup orang-orang ternama di amrik, jadi berasa baca novel perjalanan hidup sang penulis, ga terlalu banyak teori seperti kebanyakan buku-buku buatan penulis indonesia.

Owya, ternyata saya nemu site-nya sang penulis ada di sini, sapa tau ada yang ingin kenal lebih dalam lagi dengan sosok Keith Ferruzi.
Sekian dulu review part 1 nya, saya lanjutkan di lain waktu  ^o^



31.12.2012 @MyRoom 13.23 WIB
Bandung -- ditemani si keynes yang lagi bobo siang di sudut kasur sebelah sana sambil si saya mengajar privat bahasa jepang online ^o^ (sempet-sempetnya ya lagi ngajar malah posting blog, hehe.....dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan waktu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar